Sabtu, 18 Januari 2014

RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK KOMPRESI DAN DEKOMPRESI FILE TEKS DENGAN ALGORITMA HUFFMAN



1.1              Latar Belakang
Teks adalah kumpulan dari karakter – karakter atau string yang menjadi satu kesatun. Teks yang memuat banyak karakter didalamnya selalu menimbulkan masalah pada media penyimpanan dan kecepatan waktu pada saat transmisi data. Media penyimpanan yang terbatas, membuat semua orang mencoba berpikir untuk menemukan sebuah cara yang dapat digunakan diimplementasikan dalam proses pengompresan teks.
Pemanfaatan teknologi sebagai bagian kehidupan dalam dasawarsa terakhir berkembang dengan pesat. Hal itu berpengaruh kepada meningkatnya kebutuhan akan media penyimpanan data. Data berupa file teks, gambar, suara, video ataupun file yang mempunyai fungsi tertentu membutuhkan lokasi sebagai wadah yang dapat dihitung dalam satuan byte. Masalah dalam biaya penyimpanan, biaya dan waktu pentransmisian data mengharuskan adanya suatu pemecahan. Oleh karena itu, algoritma-algoritma kompresi yang berfungsi untuk memampatkan data hadir sebagai suatu solusi.
Kompresi data adalah proses yang mengkonversi sebuah masukan berupa aliran data (the source atau data asli mentah) menjadi suatu aliran data lain (the output, aliran bit atau aliran sudah dikompres) yang memiliki ukuran lebih kecil (Solomon, D., 2007). Terdapat dua golongan besar pada teknik kompresi ketika berhadapan dengan kemungkinan merekonstruksi kembali data yang telah dikompres menjadi data original, yaitu Lossless dan Lossy Compression.
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengajukan proposal judul skripsi ini untuk mengetahui keefektifan algoritma Huffman dalam kompresi teks dan memaparkan cara-cara mengompresi teks dengan menggunakan algoritma Huffman. Serta merancang suatu aplikasi perangkat lunak yang mampu melakukan proses kompresi dan dekompresi dengan algoritma Huffman.
1.2              Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan diteliti dan diuraikan dalam tugas akhir ini adalah:
1.      Bagaimana mengimplementasikan algoritma Huffman pada kompresi data file teks.
2.      Bagaimana menyediakan pilihan metode kompresi yang mempengaruhi perubahan tingkat kompresi.
1.3              Batasan Masalah
Batasan-batasan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.      Implementasi mengacu pada dokumen spesifikasi RFC (Request For Comment) 1951.
2.      Jenis data yang akan dikompres adalah teks, dengan format word dan wordx.
3.      Bahasa pemrograman yang digunakan adalah visual Studio 6.0.
1.4              Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu aplikasi yang mampu melakukan proses kompresi dan dekompresi dengan algoritma Huffman. Dan untuk mengetahui keefektifan algoritma Huffman dalam kompresi teks dan memaparkan cara-cara mengompresi teks dengan menggunakan algoritma Huffman.
1.5              Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah:
1.      Menyediakan solusi bagi keterbatasan kapasitas penyimpanan data juga biaya dan waktu pengiriman data.
2.      Aplikasi alternatif dalam melakukan kompresi dan dekompresi data.
3.      Bahan pembelajaran dalam memahami algoritma huffman, sehingga memungkinkan adanya penemuan dalam meningkatkan kinerja algoritma kompresi ataupun menemukan suatu metode baru.
1.6              Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian yang akan digunakan adalah:
1.      Studi Literatur
Penulis akan memulai penelitian dengan mengumpulkan dan mempelajari bahan-bahan referensi tentang teori algoritma kompresi dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, jurnal, makalah maupun situs-situs internet. Pembelajaran beberapa teori lainnya yang dirasakan perlu akan dilakukan dalam mendukung penelitian.
2.      Analisis dan Desain Sistem
Analisis sistem yang mengimplementasikan algoritma Huffman akan dilakukan untuk memastikan perangkat lunak yang akan dihasilkan berjalan sebagaimana mestinya. Dilanjutkan dengan merancang desain struktur program juga user interface.
3.      Implementasi Sistem
Sistem akan diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak berbasis Desktop menggunakan bahasa pemrograman Visual Studio 6.0.
4.      Pengujian Sistem
Pengujian terhadap output akan memastikan apakah implementasi telah sesuai dengan teori. Hal tersebut juga dilakukan untuk mengetahui apakah program memiliki kesalahan yang diikuti perbaikan program jika ditemukan kesalahan.
5.      Dokumentasi Sistem
Pembuatan laporan Tugas Akhir lengkap dengan analisis yang didapatkan.


Untuk mendapatkan Full Materinya (BAB I,II,III,IV dan V + Source Code) anda bisa menghubungi admin melalui email atau Mobile Phone : 081919248484

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Judul