1.1
Latar Belakang
Kemajuan
teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini, menuntut
manusia untuk beradaptasi dengan berbagai teknologi yang hadir disekitarnya.
Televisi, komputer, telepon genggam, dan internet kini sudah tidak asing lagi
bahkan bagi sebagian besar orang alat-alat tersebut merupakan suatu kebutuhan.
Pengguna teknologi tersebut bukan hanya orang dewasa dan remaja, tetapi juga
anak-anak yang sebagian kecil menggunakan komputer dan internet untuk bermain game.
Game
dapat memberikan interaktivitas yang menghibur dan menyenangkan bagi
pengguna serta akan sangat berguna jika dimanfaatkan secara positif, dengan
menerapkan prinsip bahwa game juga dapat berfungsi sebagai media edutainment,
yaitu suatu media yang menggabungkan unsur pembelajaran (education)
dengan hiburan (entertainment) sehingga pengguna dapat bermain sekaligus
belajar. Game yang mengandung kedua unsur tersebut dinamakan game
edukasi (Ritterfeld, 2005).
Game
interaktif merupakan permainan yang dirancang dengan basic adanya
interaktivitas dari antar objek karakter, animasi, gambar dan suara. Game interaktif
dapat meningkatkan kemampuan motorik, logika, visualisasi dari pengguna karena
objek yang saling menimbulkan efek (Keith, 2010).
Berdasarkan
uraian tersebut, maka dalam pengajuan judul skripsi ini akan dibangun suatu
perangkat lunak multimedia berupa game sebagai salah satu solusi atau
alternatif media pembelajaran yang interaktif. Game ini dibangun untuk
memenuhi kebutuhan hiburan bagi anak-anak usia dini untuk menghindari kebosanan
dalam aktivitas pembelajaran, tetapi pengguna secara tidak langsung akan
mendapatkan pengetahuan dalam game tersebut.
1.2
Rumusan Masalah
Dalam
pengajuan judul skripsi ini yang menjadi rumusan masalah bagi penulis adalah
bagaimana membuat dan mengimplementasikan game edutainment sekaligus
memberikan efek pengetahuan bagi pengguna dengan menggunakan piranti lunak adobe
flash cs 4
1.3
Batasan Masalah
Batasan
masalah untuk penelitian ini adalah sebagai berikut: .
1.
Bahasa pemrograman yang dipakai dalam penelitian
ini adalah adobe flash cs 4
2.
Tingkatan
pengguna game “Guess Sound” di khususkan untuk anak- anak .
1.4
Tujuan Penelitian
Tujuan
penelitian yang ingin dicapai diantaranya yaitu :
1.
membuat perangkat lunak interactive game
“Guess Sound” bertipe platform 2D dengan genre edutainment
2.
sebagai alternatife untuk media pembelajaran
pengenalan karekter dan jenis suara pada anak anak.
1.5
Manfaat Penelitian
Manfaat yang
ingin dicapai dalam pengajuan judul Tugas Akhir ini adalah Diharapkan
Masyarakat dan pendidik anak- anak usia dini mendapatkan alternatif pembelajaran
bersifat interaktife dari game bergenre edutainment . Dapat dijadikan referensi
bagi mahasiswa dalam rangka pengembangan ilmu tentang dunia Game. Khususnya
pada bidang multimedia dan Game Desainer.
Untuk mendapatkan Full Materinya (BAB I,II,III,IV dan V + Source Code) anda bisa menghubungi admin melalui email atau Mobile Phone : 081919248484
0 komentar:
Posting Komentar