Sabtu, 18 Januari 2014

PEMBUATAN GAME EDUTAINMENT “ GUESS SOUND” MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 4



1.1              Latar Belakang
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini, menuntut manusia untuk beradaptasi dengan berbagai teknologi yang hadir disekitarnya. Televisi, komputer, telepon genggam, dan internet kini sudah tidak asing lagi bahkan bagi sebagian besar orang alat-alat tersebut merupakan suatu kebutuhan. Pengguna teknologi tersebut bukan hanya orang dewasa dan remaja, tetapi juga anak-anak yang sebagian kecil menggunakan komputer dan internet untuk bermain game.
Game dapat memberikan interaktivitas yang menghibur dan menyenangkan bagi pengguna serta akan sangat berguna jika dimanfaatkan secara positif, dengan menerapkan prinsip bahwa game juga dapat berfungsi sebagai media edutainment, yaitu suatu media yang menggabungkan unsur pembelajaran (education) dengan hiburan (entertainment) sehingga pengguna dapat bermain sekaligus belajar. Game yang mengandung kedua unsur tersebut dinamakan game edukasi (Ritterfeld, 2005).
Game interaktif merupakan permainan yang dirancang dengan basic adanya interaktivitas dari antar objek karakter, animasi, gambar dan suara. Game interaktif dapat meningkatkan kemampuan motorik, logika, visualisasi dari pengguna karena objek yang saling menimbulkan efek (Keith, 2010).
Berdasarkan uraian tersebut, maka dalam pengajuan judul skripsi ini akan dibangun suatu perangkat lunak multimedia berupa game sebagai salah satu solusi atau alternatif media pembelajaran yang interaktif. Game ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan hiburan bagi anak-anak usia dini untuk menghindari kebosanan dalam aktivitas pembelajaran, tetapi pengguna secara tidak langsung akan mendapatkan pengetahuan dalam game tersebut.
1.2              Rumusan Masalah
Dalam pengajuan judul skripsi ini yang menjadi rumusan masalah bagi penulis adalah bagaimana membuat dan mengimplementasikan game edutainment sekaligus memberikan efek pengetahuan bagi pengguna dengan menggunakan piranti lunak adobe flash cs 4
1.3              Batasan Masalah
Batasan masalah untuk penelitian ini adalah sebagai berikut: .
1.      Bahasa pemrograman yang dipakai dalam penelitian ini adalah  adobe flash cs 4
2.      Tingkatan  pengguna game “Guess Sounddi khususkan untuk anak- anak .
1.4              Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian yang ingin dicapai diantaranya yaitu :
1.      membuat perangkat lunak interactive game “Guess Sound” bertipe platform 2D dengan genre edutainment
2.      sebagai alternatife untuk media pembelajaran pengenalan karekter dan jenis suara pada anak anak.
1.5              Manfaat Penelitian
Manfaat  yang ingin dicapai dalam pengajuan judul Tugas Akhir ini adalah Diharapkan Masyarakat dan pendidik anak- anak usia dini mendapatkan alternatif pembelajaran bersifat interaktife dari game bergenre edutainment . Dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa dalam rangka pengembangan ilmu tentang dunia Game. Khususnya pada bidang multimedia dan Game Desainer.


Untuk mendapatkan Full Materinya (BAB I,II,III,IV dan V + Source Code) anda bisa menghubungi admin melalui email atau Mobile Phone : 081919248484

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Judul