Senin, 19 Maret 2012

Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pembelian Mobil Menggunakan Logika Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Madm)


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Pada saat ini jenis mobil   begitu banyak dari berbagai merk dan jenis. Dewasa ini jenis mobil secara umum dibagi menjadi beberapa jenis yaitu: Sedan, SUV ( Sport Utility Vehicle), MPV ( Multi Purpose Vehicle),  Utility Vehicle ,  City Car, Jip,  Mini Truck, dan Pick Up. Setiap jenis mobil   memiliki spesifikasi teknis yang berbeda, seperti kapasitas silinder (Cylinder Capacity/cc ), transmisi,  type variant , suspensi maupun spesifikasi teknis lainnya. Untuk masing – masing mobil tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Salah satu hal yang perlu di utamakan ketika memilih sebuah mobil adalah kegunaan mobil   yang sesuai dengan kebutuhan, dimana setiap jenis mobil  mempunyai kegunaan yang berbeda beda.
Dengan begitu banyaknya jenis-jenis mobil beserta spesifikasinya membuat para konsumen kesulitan dalam menentukan atau membeli sebuah mobil karena banyak   faktor yang perlu dipertimbangan dalam pengambilan keputusan. Konsumen sebagai pengambil keputusan akan merasa bingung ketika mengetahui banyaknya produk mobil beserta feature-feature  yang ditawarkan dipasaran.
Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, semakin bertambah pula kemampuan komputer dalam membantu menyelesaikan permasalahan permasalahan di berbagai bidang, diantaranya sistem pendukung keputusan berbasis komputer ( Computer Based Decision Support System). Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efektivitas pengambil keputusan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi baik masalah semi-terstruktur maupun tidak terstruktur. Keputusan dibuat untuk memecahkan masalah. Dalam usaha memecahkan suatu masalah, pemecah masalah mungkin membuat banyak keputusan. Keputusan merupakan rangkaian tindakan yang perlu diikuti dalam memecahkan masalah untuk menghindari atau mengurangi dampak negatif, atau untuk pemanfatan kesempatan. Dengan kata lain pengambilan keputusan merupakan hal vital untuk memberikan hasil yang terbaik. Untuk itulah maka dibuat suatu aplikasi sistem pendukung keputusan dalam memilih mobil yang akan dibeli.
Dengan adanya aplikasi sistem pendukung keputusan dalam pemilihan Mobil menggunakan logika fuzzy Multi attribute decision making (madm) ini, diharapkan dapat membantu para konsumen agar dapat memilih mobil yang akan dibeli sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
1.2              Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian mengenai latar belakang diatas maka, permasalahan  dapat dirumuskan sebagai berikut:
  1. Bagaimana membuat suatu sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan mobil yang akan dipilih atau dibeli.
  2. Bagaimana menerapkan fuzzy  multi attribute decision making  (MADM) model Baas dan Kwakernaak  untuk pengambilan keputusan terhadap mobil yang akan dipilih atau dibeli.
1.3              Tujuan Penelitian
Tujuan melaksanakan tugas akhir ini antara lain :
  1. Mengimplementasikan teori sistem pendukung keputusan terutama pengolahan data dalam membantu pengambil keputusan untuk menentukan pilihan mobil  yang akan dibeli dengan beberapa faktor pertimbangan yang ada.
  2. Mengimplementasikan metode fuzzy MADM model Baas dan Kwakernaak dalam pembuatan sistem pendukung keputusan.
1.4              Batasan Masalah
Dari permasalahan diatas, batasan-batasan atau ruang lingkup permasalahan yang akan ditangani yakni:
  1. Mobil yang digunakan hanya difokuskan pada mobil merk Honda yang ada di Indonesia, khususnya di Bengkulu.
  2. Kriteria yang digunakan dalam pemilihan mobil  adalah: harga, konsumsi bahan bakar, kapasitas silinder, kapasitas bahan bahan bakar, biaya perawatan, dan purna jual.
  3. Semua proses perhitungan parameter dan  alternatif pilihan yang disediakan oleh sistem, menggunakan fuzzy  multi attribute decision making (MADM) model Baas dan Kwakernaak.
  4. Di buat rule-rule base secara statik berdasarkan metode diatas dalam sistem.
  5. Setiap variabel fuzzy dibagi menjadi lima himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan mengunakan fungsi segitiga.
1.5              Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian  tugas akhir ini diharapkan dapat bermanfaat antara lain :
  1. Memberi kemudahan pada admin dalam memaintanance data.
  2. Memudahkan admin dalam memasarkan produknya.
  3. Memudahkan user  untuk menentukan atau memilih mobil berdasarkan kriteria yang ada.
Tugas Akhir Ini Komplit Dari Cover, Bab1,2,3,4 Sampai Penutup
Disertai Source code program Menggunakan visual Basic 6.0

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Judul