1.1
Latar
Belakang Masalah
Kita
semua tahu, bahwa pendidikan memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap
perkembangan suatu bangsa. Bagaimana kita melihat kemajuan pembangunan yang
dialami oleh Negara-negara maju, misalnya Jepang, dan kita juga tahu bagaimana
pandangan mereka terhadap pendidikan. Langevell seorang ahli pendidikan
terkenal menyatakan bahwa pendidikan adalah memanusiakan manusia. Menurut Ki
Hadjar Dewantara (1977), “Pendidikan yaitu terutama di dalam hidup tumbuhnya
anak-anak”. Selanjutnya menurut Ki Hadjar Dewantara, “Pendidikan adalah daya
upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter),
pikiran (intellect) dan tubuh anak. Jadi, pentingnya pendidikan karakter
yang digalakkan saat ini sudah diungkapkan Ki Hadjar Dewantara sejak tahun 1920.
Sumber
Daya Manusia (SDM) jasa pendidikan merupakan unsur utama keberlangsungan hidup
lembaga. Fasilitas, asset dan prasarana lainnya tidak dapat berfungsi optimal
apabila tidak tersedia unsur SDM jasa pendidikan sebagai penggerak sistem
pendidikan, di samping unsur-unsur lainnya (kurikulum, sarana dan prasarana). Untuk
mecapai hasil pendidikan yang optimal, lembaga harus terlibat langsung dengan
pelanggan jasa pendidikan. Lembaga harus mengantisipasi terjadinya masalah
pengelolaan SDM jasa pendidikan mulai tahap seleksi hingga proses pengelolaan
SDM jasa pendidikan yang lebih rumit. Menurut Zeithaml dan Bitner (2000), SDM
adalah “seluruh pelaku yang memainkan peran dalam proses penyampaian jasa
sehingga mempengaruhi persepsi pembeli”.
Pelaku
tersebut meliputi karyawan organisasi, pelanggan dan pelanggan lainnya dalam
lingkungan jasa. Oleh karena itu, seluruh sikap dan tindakan karyawan, bahkan
cara berpakaian dan penampilan karyawan, berpengaruh terhadap persepsi
pelanggan atau keberhasilan proses penyampaian jasa (service encounter).
Mahasiswa
merupakan kunci kesuksesan bagi lembaga, serta kinerja aktual bagi pemakainya.
Namun ada beberapa permasalahan yang timbul di LP3i Bengkulu pada saat
menangani aplikan/calon mahasiswa. Oleh karena itu penulis memilih judul “Proses
Pemasaran Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Di LP3I Bengkulu” sebagai kajian
Tugas Akhir penulis.
1.2
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan judul Tugas Akhir,
maka penulis mengidentifikasi masalah pada:
1.
Bagaimana
proses pemasaran dalam penerimaan mahasiswa baru di LP3i Bengkulu ?
2.
Apa
sajakah masalah atau kendala pada saat pemasaran dalam penerimaan calon
mahasiswa baru di LP3i Bengkulu ?
3.
Bagaimana
solusi terhadap masalah atau kendala yang terjadi ketika proses pemasaran dalam
penerimaan mahasiswa baru di LP3i Bengkulu ?
1.3
Batasan
Masalah
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini
penulis mencoba membatasi pembahasan hanya pada masalah proses pemasaran
penerimaan mahasiswa baru di LP3i Bengkulu saja, hal ini dilakukan untuk
mencegah meluasnya pembahasan.
1.4
Tujuan
dan Manfaat Penulisan
Adapun penelitian yang diwujudkan
dalam Tugas Akhir ini mempunyai tujuan sebagai berikut:
1.
Untuk
mengetahui proses pemasaran dalam penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh
LP3i Bengkulu, apakah selama ini proses pemasaran penerimaan mahasiswa baru
telah sesuai dengan prosedur-prosedur yang ditetapkan dengan aturan yang
menjadi kebijakan LP3i Bengkulu sehingga para calon mahasiswa berminat untuk
menjadi mahasiswa.
2.
Untuk
mengetahui masalah-masalah atau kendala-kendala yang timbul pada saat pemasaran
dalam penerimaan calon mahasiswa baru di LP3i Bengkulu.
3.
Untuk
mengetahui solusi terhadap masalah-masalah atau kendala yang terjadi ketika
proses pemasaran dalam penerimaan calon mahasiswa baru di LP3i Bengkulu.
1.5
Manfaat
Penulisan
Penulis berharap agar penulisan
Tugas Akhir ini dapat memberikan konstribusi kepada pihak lain antara lain :
1.
Bagi
Penulis
Bagi penulis, akan meningkatkan
kualitas dalam bekerja, sehingga akan lebih memahami bagaimana cara menghadapi
aplikan di LP3i Bengkulu.
2.
Bagi
LP3i Bengkulu
Hasil penelitian ini diharapkan
dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi perusahaan sebagai informasi untuk
mengambil langkah yang tepat guna perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang
dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan.
3.
Bagi
Dunia Pendidikan
Penelitian ini bisa digunakan
sebagai sumber informasi dan wawasan bagi pembaca mengenai masalah proses
penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh lembaga dan sebagai bahan
perbandingan antara teori dan kenyataan dunia kerja.
Untuk mendapatkan Full Materinya (BAB I,II,III,IV dan V ) anda bisa menghubungi admin melalui email atau Mobile Phone : 081919248484
0 komentar:
Posting Komentar