Senin, 20 Januari 2014

Proses Pemasaran Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Di LP3I Bengkulu



1.1              Latar Belakang Masalah
Kita semua tahu, bahwa pendidikan memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perkembangan suatu bangsa. Bagaimana kita melihat kemajuan pembangunan yang dialami oleh Negara-negara maju, misalnya Jepang, dan kita juga tahu bagaimana pandangan mereka terhadap pendidikan. Langevell seorang ahli pendidikan terkenal menyatakan bahwa pendidikan adalah memanusiakan manusia. Menurut Ki Hadjar Dewantara (1977), “Pendidikan yaitu terutama di dalam hidup tumbuhnya anak-anak”. Selanjutnya menurut Ki Hadjar Dewantara, “Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intellect) dan tubuh anak. Jadi, pentingnya pendidikan karakter yang digalakkan saat ini sudah diungkapkan Ki Hadjar Dewantara sejak tahun 1920.
Sumber Daya Manusia (SDM) jasa pendidikan merupakan unsur utama keberlangsungan hidup lembaga. Fasilitas, asset dan prasarana lainnya tidak dapat berfungsi optimal apabila tidak tersedia unsur SDM jasa pendidikan sebagai penggerak sistem pendidikan, di samping unsur-unsur lainnya (kurikulum, sarana dan prasarana). Untuk mecapai hasil pendidikan yang optimal, lembaga harus terlibat langsung dengan pelanggan jasa pendidikan. Lembaga harus mengantisipasi terjadinya masalah pengelolaan SDM jasa pendidikan mulai tahap seleksi hingga proses pengelolaan SDM jasa pendidikan yang lebih rumit. Menurut Zeithaml dan Bitner (2000), SDM adalah “seluruh pelaku yang memainkan peran dalam proses penyampaian jasa sehingga mempengaruhi persepsi pembeli”.
Pelaku tersebut meliputi karyawan organisasi, pelanggan dan pelanggan lainnya dalam lingkungan jasa. Oleh karena itu, seluruh sikap dan tindakan karyawan, bahkan cara berpakaian dan penampilan karyawan, berpengaruh terhadap persepsi pelanggan atau keberhasilan proses penyampaian jasa (service encounter).
Mahasiswa merupakan kunci kesuksesan bagi lembaga, serta kinerja aktual bagi pemakainya. Namun ada beberapa permasalahan yang timbul di LP3i Bengkulu pada saat menangani aplikan/calon mahasiswa. Oleh karena itu penulis memilih judul “Proses Pemasaran Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Di LP3I Bengkulu” sebagai kajian Tugas Akhir penulis.

1.2              Identifikasi Masalah
Berdasarkan judul Tugas Akhir, maka penulis mengidentifikasi masalah pada:
1.            Bagaimana proses pemasaran dalam penerimaan mahasiswa baru di LP3i Bengkulu ?
2.            Apa sajakah masalah atau kendala pada saat pemasaran dalam penerimaan calon mahasiswa baru di LP3i Bengkulu ?
3.            Bagaimana solusi terhadap masalah atau kendala yang terjadi ketika proses pemasaran dalam penerimaan mahasiswa baru di LP3i Bengkulu ?

1.3              Batasan Masalah
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis mencoba membatasi pembahasan hanya pada masalah proses pemasaran penerimaan mahasiswa baru di LP3i Bengkulu saja, hal ini dilakukan untuk mencegah meluasnya pembahasan.

1.4              Tujuan dan Manfaat Penulisan
Adapun penelitian yang diwujudkan dalam Tugas Akhir ini mempunyai tujuan  sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui proses pemasaran dalam penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh LP3i Bengkulu, apakah selama ini proses pemasaran penerimaan mahasiswa baru telah sesuai dengan prosedur-prosedur yang ditetapkan dengan aturan yang menjadi kebijakan LP3i Bengkulu sehingga para calon mahasiswa berminat untuk menjadi mahasiswa.
2.      Untuk mengetahui masalah-masalah atau kendala-kendala yang timbul pada saat pemasaran dalam penerimaan calon mahasiswa baru di LP3i Bengkulu.
3.      Untuk mengetahui solusi terhadap masalah-masalah atau kendala yang terjadi ketika proses pemasaran dalam penerimaan calon mahasiswa baru di LP3i Bengkulu.

1.5              Manfaat Penulisan
Penulis berharap agar penulisan Tugas Akhir ini dapat memberikan konstribusi kepada pihak lain antara lain :

1.      Bagi Penulis
Bagi penulis, akan meningkatkan kualitas dalam bekerja, sehingga akan lebih memahami bagaimana cara menghadapi aplikan di LP3i Bengkulu.
2.      Bagi LP3i Bengkulu
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi perusahaan sebagai informasi untuk mengambil langkah yang tepat guna perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan.
3.      Bagi Dunia Pendidikan
Penelitian ini bisa digunakan sebagai sumber informasi dan wawasan bagi pembaca mengenai masalah proses penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh lembaga dan sebagai bahan perbandingan antara teori dan kenyataan dunia kerja.


Untuk mendapatkan Full Materinya (BAB I,II,III,IV dan V ) anda bisa menghubungi admin melalui email atau Mobile Phone : 081919248484

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Judul