1.1
Latar
Belakang
Ada dua hal yang berperan untuk pencapaian tingkat pelayanan prima salah satunya adalah
memiliki etos kerja berorientasi pada budaya melayani bukan dilayani. Hal yang
lain masyarakat secara terus menerus telah terbiasa dengan kesadaran bahwa
pelayanan umum yang optimal dan prima harus dengan tingkat kedisiplinan yang
memadai dari masyarakat itu sendiri dan suasana kerjasama dua hal tersebut
diatas harus sejalan supaya etos
pelayanan ini dapat tercapai dengan baik. Salah satu indikator kinerjanya
adalah meningkatkan kesadaran dan budaya antri dalam proses pelayanan antrian.
Kegiatan Melayani dalam proses pelayanan antrian bank maka diperlukan
suatu sistem pelayanan antrian bank dan untuk menerapkannya perlu
mengimplementasikan suatu sistem informasi ke dalam bentuk program antrian
bank.
Salah satu bentuk program antrian bank yang diperlukan untuk membantu
dalam proses pelayanan antrian bank adalah dengan menggunakan visualisasi
suara. Penggunaan visualisasi suara dalam program antrian bank tersebut
dimaksudkan untuk petugas bank yang melayani dan nasabah yang mengantri dapat
meningkatkan efektifitas kinerja dan efisiensi waktu pelayanan sehingga sistem
pelayanan antrian bank bisa berjalan teratur dan lancar sesuai yang diharapkan.
Berawal dari uraian permasalahan di atas maka menarik untuk diadakan
suatu penelitian mengenai implementasi dengan menggunakan sistem informasi.
Pembuatan suatu aplikasi program yang nantinya akan bisa membantu kelancaran
dalam suatu pelayanan bank, maka pada penelitian ini diambil judul “Implementasi
Program Antrian Bank Dengan Visualisasi Suara Menggunakan Metode First
In First Out (FIFO).”.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bagaimana
permasalahan yang sedang dihadapi dengan meneliti masalah yang terjadi. Adapun identifikasi masalah yang diambil
antara lain adalah :
a.
Bagaimana pelayanan antrian bank
dengan visualisasi suara ini dapat membantu kelancaran dan kedisiplinan dalam
sistem antrian bank.
b.
Bagaimana program antrian bank
dengan visualisasi suara ini dapat diminimalkan dengan menggunakan peralatan Personal
Computer (PC).
c.
Metode apa yang sebaiknya
digunakan dalam antrian bank dengan visualisasi suara ini.
d.
Bagaimana sistem pelayanan antrian
yang tepat untuk diterapkan dalam sistem antrian bank supaya dapat meningkatkan
efektifitas kinerja dan efisiensi waktu pelayanan.
1.3 Batasan Masalah
Batasan masalah disini adalah dengan membatasi ruang lingkup bidang
yang diambil yaitu, sistem antrian pelayanan tunggal dalam hal ini adalah
program antrian bank dengan visualisasi suara. Secara rinci batasan masalah
yang diambil adalah :
a.
Program antrian bank dengan
visualisasi suara ini menangani sistem antrian pelayanan ganda.
b.
Metode program ini menggunakan
metode First In First Out (FIFO).
c.
Program antrian dengan
visualisasi suara ini hanya menggunakan simulasi dengan 2 Personal Computer
(PC).
d.
Program antrian bank dengan
visualisasi suara ini menggunakan program Visual Basic Versi 6.0. (VB
6.0)
1.4 Maksud Dan Tujuan Penelitian
Setiap penelitian mempunyai
maksud dan tujuan yang ingin dicapai. Sesuai dengan masalah diatas maka maksud
dari penelitian ini adalah untuk membuat dan mengimplementasikan program
antrian bank dengan visualisasi suara. Dan adapun tujuan penelitian ini adalah
:
a.
Mengimplementasikan program
antrian bank dengan visualisasi suara
untuk membantu kelancaran dalam pelayanan antrian dalam perangkat lunak
b.
Membantu petugas pelayanan antrian
bank untuk meningkatkan efektifitas kinerja dan efisien waktu supaya pelayanan
antrian bank bisa berjalan dengan teratur dan lancar
c. Mengetahui prosedur
antrian dan pelayanan antrian pada sistem antrian pelayanan ganda pada program
antrian bank dengan visualisasi suara kepada nasabah dan teller
Untuk mendapatkan Full Materinya (BAB I,II,III,IV dan V + Source Code) anda bisa menghubungi admin melalui email atau Mobile Phone : 081919248484