Senin, 20 Januari 2014

Implementasi Program Antrian Bank Dengan Visualisasi Suara Menggunakan First In First Out (FIFO)



1.1              Latar Belakang
Ada dua hal yang berperan untuk pencapaian  tingkat pelayanan prima salah satunya adalah memiliki etos kerja berorientasi pada budaya melayani bukan dilayani. Hal yang lain masyarakat secara terus menerus telah terbiasa dengan kesadaran bahwa pelayanan umum yang optimal dan prima harus dengan tingkat kedisiplinan yang memadai dari masyarakat itu sendiri dan suasana kerjasama dua hal tersebut diatas  harus sejalan supaya etos pelayanan ini dapat tercapai dengan baik. Salah satu indikator kinerjanya adalah meningkatkan kesadaran dan budaya antri dalam proses pelayanan antrian.
Kegiatan Melayani dalam proses pelayanan antrian bank maka diperlukan suatu sistem pelayanan antrian bank dan untuk menerapkannya perlu mengimplementasikan suatu sistem informasi ke dalam bentuk program antrian bank.
Salah satu bentuk program antrian bank yang diperlukan untuk membantu dalam proses pelayanan antrian bank adalah dengan menggunakan visualisasi suara. Penggunaan visualisasi suara dalam program antrian bank tersebut dimaksudkan untuk petugas bank yang melayani dan nasabah yang mengantri dapat meningkatkan efektifitas kinerja dan efisiensi waktu pelayanan sehingga sistem pelayanan antrian bank bisa berjalan teratur dan lancar sesuai yang diharapkan.
Berawal dari uraian permasalahan di atas maka menarik untuk diadakan suatu penelitian mengenai implementasi dengan menggunakan sistem informasi. Pembuatan suatu aplikasi program yang nantinya akan bisa membantu kelancaran dalam suatu pelayanan bank, maka pada penelitian ini diambil judul “Implementasi Program Antrian Bank Dengan Visualisasi Suara Menggunakan Metode First In First Out (FIFO)..

1.2        Identifikasi Masalah
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bagaimana permasalahan yang sedang dihadapi dengan meneliti masalah yang terjadi.  Adapun identifikasi masalah yang diambil antara lain adalah :
a.                   Bagaimana pelayanan antrian bank dengan visualisasi suara ini dapat membantu kelancaran dan kedisiplinan dalam sistem antrian bank.
b.                  Bagaimana program antrian bank dengan visualisasi suara ini dapat diminimalkan dengan menggunakan peralatan Personal Computer (PC).
c.                   Metode apa yang sebaiknya digunakan dalam antrian bank dengan visualisasi suara ini.
d.                  Bagaimana sistem pelayanan antrian yang tepat untuk diterapkan dalam sistem antrian bank supaya dapat meningkatkan efektifitas kinerja dan efisiensi waktu pelayanan.

1.3        Batasan Masalah
Batasan masalah disini adalah dengan membatasi ruang lingkup bidang yang diambil yaitu, sistem antrian pelayanan tunggal dalam hal ini adalah program antrian bank dengan visualisasi suara. Secara rinci batasan masalah yang diambil adalah :
a.                   Program antrian bank dengan visualisasi suara ini menangani sistem antrian pelayanan ganda.
b.                  Metode program ini menggunakan metode First In First Out (FIFO).
c.                   Program antrian dengan visualisasi suara ini hanya menggunakan simulasi dengan 2 Personal Computer (PC).
d.                  Program antrian bank dengan visualisasi suara ini menggunakan program Visual Basic Versi 6.0. (VB 6.0)

1.4       Maksud Dan Tujuan Penelitian
     Setiap penelitian mempunyai maksud dan tujuan yang ingin dicapai. Sesuai dengan masalah diatas maka maksud dari penelitian ini adalah untuk membuat dan mengimplementasikan program antrian bank dengan visualisasi suara. Dan adapun tujuan penelitian ini adalah :
a.                   Mengimplementasikan program antrian bank dengan visualisasi suara  untuk membantu kelancaran dalam pelayanan antrian dalam perangkat lunak
b.                  Membantu petugas pelayanan antrian bank untuk meningkatkan efektifitas kinerja dan efisien waktu supaya pelayanan antrian bank bisa berjalan dengan teratur dan lancar
c.         Mengetahui prosedur antrian dan pelayanan antrian pada sistem antrian pelayanan ganda pada program antrian bank dengan visualisasi suara kepada nasabah dan teller


Untuk mendapatkan Full Materinya (BAB I,II,III,IV dan V + Source Code) anda bisa menghubungi admin melalui email atau Mobile Phone : 081919248484

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Judul