Sabtu, 18 Januari 2014

Steganograph Pada File Image dengan metode Algoritma DES ( Data Encryption Standard) berbasis java



1.1              Latar Belakang
Keamanan suatu informasi pada jaman global ini makin menjadi sebuah kebutuhan vital dalam berbagai aspek kehidupan. Suatu informasi akan memiliki nilai lebih tinggi apabila menyangkut tentang aspek-aspek keputusan bisnis, keamanan, ataupun kepentingan umum. Dimana informasi-informasi tersebut tentunya akan banyak diminati oleh berbagai pihak yang juga memiliki kepentingan di dalamnya.
Oleh karena itu, steganography semakin dibutuhkan guna memberikan keamanan yang maksimal dalam proses pengiriman informasi. Steganography merupakan cara untuk menyembunyikan suatu pesan atau data rahasia di dalam data atau pesan lain yang tampak tidak mengandung apa-apa, kecuali bagi orang yang mengerti kuncinya. Teknik steganography umum digunakan bersamaan dengan menggunakan dua media yang berbeda, dimana salah satunya berfungsi sebagai media yang berisikan informasi (carrier file) dan yang lain berfungsi sebagai media pembawa informasi tersebut (secret file).
Melalui penelitian ini dibangun suatu aplikasi berbasis Java yang mengimplementasikan steganography dengan menggunakan metode algoritma DES sebagai cara untuk menyembunyikan suatu data ke dalam media image. Penggunaan teknologi steganography ini diharapkan dapat membantu upaya dalam peningkatan pengamanan pengiriman informasi dan mempermudah perlindungan atas hak cipta hasil karya media elektronik.
DES (Data Encryption Standard) adalah algoritma cipher blok yang populer karena dijadikan standard algoritma enkripsi kunci-simetri, meskipun saat ini standard tersebut telah digantikan dengan algoritma yang baru, AES, karena DES sudah dianggap tidak aman lagi. Sebenarnya DES adalah nama standard enkripsi simetri, nama algoritma enkripsinya sendiri adalah DEA (Data Encryption Algorithm), namun nama DES lebih populer daripada DEA. Algoritma DES dikembangkan di IBM dibawah kepemimpinan W.L. Tuchman pada tahun 1972. Algoritma ini didasarkan pada algoritma Lucifer yang dibuat oleh Horst Feistel. Algoritma ini telah disetujui oleh NationalBureau of Standard (NBS) setelah penilaian kekuatannya oleh National Security Agency (NSA) Amerika Serikat. DES termasuk ke dalam sistem kriptografi simetri dan tergolong jenis cipher blok.
Pada tugas akhir ini dibuat sebuah implementasi  yang membuat steganografi text pada media gambar  menjadi lebih kuat dan aman. Implementasi yang digunakan adalah mengenkripsi pesan text terlebih dahulu dengan sebuah kata kunci menggunakan algoritma kriptografi Data Encryption Standard (DES). Informasi yang terenkripsi tersebut kemudian dimasukkan pada pixel yang ditentukan berdasarkan tingkat kerapatan data
Berdasarkan latar belakang tersebut Penulis bermaksud mengajukan proposal pengajuan judul skripsi yang berjudulSteganograph Pada File Image dengan metode Algoritma DES ( Data Encryption Standard) berbasis java”
1.2              Rumusan Masalah
Steganografi mempunyai kelebihan dalam aspek penyembunyian pesan di mana pesan yang disembunyikan tidak terlihat kasat mata berupa kode tertentu seperti kriptografi, dikarenakan dalam steganografi pesan dititipkan pada suatu cover image.
1.      bagaimana agar pesan tersebut dapat dititipkan pada cover image tanpa terlihat berkurangnya kualitas dari cover image tersebut, dan metode apa yang tepat agar pesan yang dititipkan tidak mengurangi kualitas cover image.
2.      bagaimana merancang suatu perangkat lunak yang mudah digunakan oleh seorang yang awam sekalipun dengan steganografi.

1.3              Batasan Masalah
Agar pembahasan penelitian ini tidak menyimpang dari apa yang telah dirumuskan, maka diperlukan batasan-batasan masalah. Batasan-batasan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Penelitian ini hanya membahas algoritma DES (Data Encryption Standard) tanpa membandingkan atau dengan algoritma lainnya.
2.      Penelitian ini tidak mengukur secara rinci kekuatan dari sistem.
3.      Sistem yang dibangun ditujukan untuk file yang bertipe image JPG dan BMP
4.      Sistem yang akan digunakan pada file di dalam satu komputer (stand alone).
5.      Aplikasi dirancang dengan menggunakan Java .
1.4              Tujuan Penelitian
Tujuan dari perancangan aplikasi ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk membantu pengguna dalam mengamankan data.
2.      Memahami teknik pengamanan data dengan gabungan Steganograh dan algoritma kriptografi yaitu DES (Data Encryption Standard).
1.5              Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Penerapan algoritma DES (Data Encryption Standard) dalam suatu aplikasi untuk menjamin keamanan suatu pesan sehingga mencegah orang-orang yang tidak berwenang untuk menggunakan atau mengubah pesan tersebut.
2.      Aplikasi ini dapat digunakan untuk kepentingan pribadi maupun umum.
3.      Sebagai bahan referensi untuk pengembangan lebih lanjut mengenai algoritma DES (Data Encryption Standard)


Untuk mendapatkan Full Materinya (BAB I,II,III,IV dan V + Source Code) anda bisa menghubungi admin melalui email atau Mobile Phone : 081919248484

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Judul