1.1
Latar Belakang
Pada
era globalisasi seperti sekarang ini kerap kita temui masyarakat yang
menjadikan internet sebagai salah satu komoditas utama dalam kehidupan mereka.
Anak kecil yang mulai akrab, remaja yang mulai aktif, dan orang dewasa yang
mulai menjadikan Internet sebagai bagian kehidupan mereka. Jarak yang terasa
semakin dekat dan akses informasi yang semakin berkembang menjadikan mereka
kaya akan rasa dan pengetahuan yang akhirnya bisa menyatukan banyak kalangan
dengan latar belakang budaya yang berbeda karena mereka bisa saling berbagi
dalam sebuah Jaringan internet.
PT
Telekomunikasi Indonesia,Tbk Witel Bengkulu sebagai salah satu penyedia layanan
internet mempunyai produk yang diberi nama Telkom Speedy yang merupakan
layanan akses internet yang dapat menyalurkan data dan suara secara bersamaan
dengan kecepatan hingga 384 Kbps dan kecepatan maksimal 1000 Kbps. Persaingan
antar Operator Telekomunikasi dalam penyediaan layanan Internet dewasa ini
semakin tajam, ditandai dengan munculnya Provider internet lain yang juga
menawarkan jenis produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing dalam
pemasaran. Saat ini terdapat 5 (lima) provider utama yang menyediakan access
internet yaitu yaitu Telkom (TelkomSpeedy), Telkomsel
(TelkomselFlash),
Indosat (M2), First Media (Fastnet) dan XL (Excelcomindo). Kelima provider ini
terus melakukan inovasi untuk memenangkan pasar. Untuk mengatasi ketatnya
persaingan dalam pemasaran, PT Telkom meningkatkan kinerja perusahaan termasuk
mengevaluasi biaya promosi.
Biaya
promosi adalah total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan
kegiatan promosi. Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dengan
tujuan untuk menginformasikan, memberitahukan, membujuk, dan mempengaruhi
konsumen dalam memilih atau membeli suatu produk yang ditawarkan oleh
perusahaan.
Volume
penjualan adalah Total penjualan barang/jasa dalam periode tertentu untuk
mencapai laba yang maksimal sehingga dapat menunjang pertumbuhan perusahaan.
Semakin besar jumlah penjualan yang dihasilkan perusahaan, maka semakin besar
kemungkinan laba yang akan dihasilkan oleh perusahaan. Ong Abe Iskandar (2012)
dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh biaya promosi terhadap volume
penjualan tiket kapal feri pada PT Juli Rahayu”. Hasil penelitian diketahui
bahwa variabel independen yaitu Biaya promosi, berpengaruh positif tapi tidak
signifikan terhadap volume penjualan.
Kemudian
Desy widka setyani (2012) dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh pemasaran
terhadap volume penjualan dan dampaknya pada laba bersih (Studi Kasus Pada CV
Dewi Nugraha Tasikmalaya)”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya
pemasaran berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, pengaruh volume
penjualan terhadap laba bersih yaitu volume penjualanberpengaruh signifikan
terhadap laba bersih, pengaruh biaya pemasaran dan volume penjualan terhadap
laba bersih yaitu biaya pemasaran dan volume penjualan berpengaruh signifikan
terhadap laba bersih.
Selanjutnya
Meirlinda Hapsari (2012) dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh biaya
distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan (Studi Kasus pada PT.
Sinar Sosro Kantor Penjualan Tasikmalaya)”. Hasil penelitian menunjukan
bahwa biaya distribusi terhadap volume penjualan secara parsial berpengaruh
signifikan, biaya promosi terhadap volume penjualan secara parsial berpengaruh
signifikan, biaya distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan secara
simultan berpengaruh signifikan. Indra budhi wijaya (2010) dalam penelitiannya
yang berjudul “Pengaruh variasi produk dan biaya promosi terhadap volume
penjualan sepatu Lague pada showroom Suportindo Tanjungan Plaza 2 Surabaya”.
Hasil penelitian diketahui bahwa biaya promosi berpengaruh negatif terhadap
volume penjualan sedangkan variasi produk berpengaruh positif terhadap volume
penjualan sehingga manajemen perusahaan sebaiknya mempertimbangkan kembali
metode promosi yang digunakan dan lebih mengembangkan kembali variasi produk
yang ditawarkan.
Penelitian
ini tertuju pada bauran pemasaran khususnya Promosi (Promotion) yang
dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Medan, karena berdasarkan pra
penelitian yang dilakukan oleh penulis bahwa masih perlunya diadakan evaluasi
biaya promosi untuk meningkatkan volume penjualan Speedy. Penelitian ini
bersifat Eksploratif, untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya promosi terhadap
volume penjualan.
Dalam
kaitannya dengan penelitian terdahulu yang memperoleh hasil penelitian yang
beragam, ada yang memperoleh hasil penelitian bahwa biaya promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap volume penjualan, ada juga yang memperoleh
hasil penelitian bahwa biaya promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan
terhadap volume penjualan, ada juga yang memperoleh hasil penelitian bahwa
biaya promosi berpengaruh negatif terhadap volume penjualan, Membuat penulis
tertarik untuk melakukan penelitian dan membahasnya dalam skripsi dengan judul “Pengaruh
Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Speedy pada PT Telekomunikasi
Indonesia, Witel Bengkulu”
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang masalah yang dikemukakan di atas maka pokok permasalahan
yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh biaya
promosi terhadap volume penjualan Speedy pada PT Telekomunikasi
Indonesia, Tbk, Witel Bengkulu?”
1.3
Tujuan Penelitian
Tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh biaya promosi terhadap volume
penjualan speedy pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, Witel Bengkulu.
1.4
Manfaat Penelitian
1. Bagi
penulis, bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan menulis Karya Ilmiah.
2. Secara
Akademis
Hasil
penelitian ini di harapkan dapat menambah referensi bagi penelitian berikutnya
di Ilmu Sosial dan Ilmu politik khususnya Program Studi Ilmu Administrasi
Niaga/Bisnis.
3. Secara
Praktis
Hasil
penelitian ini diharapkan menambah pengetahuan atau informasi kepada PT
Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Bengkulu tentang apakah biaya promosi
dapat mempengaruhi penjualan Speedy.
Untuk mendapatkan Full Materinya (BAB I,II,III,IV dan V ) anda bisa menghubungi admin melalui email atau Mobile Phone : 081919248484
0 komentar:
Posting Komentar