Jumat, 23 Maret 2012

Pengaruh penggunaan media bantu vcd dan modul terhadap tingkat pengetahuan perawat tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum di bangsal anggrek 2 rsup dr. Sardjito


Latar Belakang
Periode postpartum merupakan masa yang penting untuk megadopsi peran ibu dan rentan terhadap kematian. Delapan puluh persen kematian maternal merupakan akibat kenaikan komplikasi selama kehamilan, persalinan dan setelah melahirkan. Mengingat pentingnya adaptasi pada masa ini maka perawat diharapkan bisa menyediakan pelayanan keperawatan dengan memberikan pengetahuan tentang perawatan ibu dan bayi kepada ibu postpartum. Salah satu media yang memberikan berbagai kelebihan adalah VCD dan Modul. Media bantu VCD dan Modul ini diharapan dapat menjadi sarana pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan perawat tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum.
Tujuan Penelitian
Untuk memperoleh informasi tentang tingkat pengetahuan perawat/ bidan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum sebelum dan setelah mendapat pelatihan dengan menggunakan media bantu VCD dan modul.
Metode Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian preeksperimental dengan desain one group pre test post test design. Sampel penelitian terdiri dari 11 orang perawat/bidan di bangsal Anggrek 2 RSUP Dr. Sardjito. Sampel dipilih dengan metode total sampling. Pre test dilakukan sebelum pemutaran VCD dan pembagian Modul, kemudian post test dilakukan untuk mengukur tingkat pengetahuan dilakukan setelah pelatihan. Setelah dilakukan pengisian kuesioner tingkat pengetahuan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum selanjutnya dilakukan cross check dengan melakukan wawancara responden. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan metode persentase dan paired- simple t-test, dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Hasil Penelitian
Pelatihan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan menggunakan media bantu VCD dan modul dapat meningkatkan skor pengetahuan, akan tetapi hasilnya tidak bermakna. Pada topik masalah menyusui, afterpain, perineum, perkemihan, eliminasi fekal, hemoroid dan pengetahuan perawatan di rumah terdapat peningkatan skor tingkat pengetahuan, sedangkan pada topik masalah nyeri punggung, kelelahan dan psikologis terdapat penurunan skor tingkat pengtahuan. Hasil skor tingkat pengetahuan perawat/ bidan sebelum diberikan pelatihan sudah baik sekali dan tetap sangat baik setelah diberikan pelatihan asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan media bantu VCD dan modul.
Kesimpulan
Pelatihan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan menggunakan media bantu VCD dan modul dapat meningkatkan skor pengetahuan, akan tetapi hasinya tidak bermakna.

Kata kunci: Postpartum, VCD, modul, pengetahuan, asuhan keperawatan, media bantu
EFFECT OF USE OF VCD AND MODUL TO KNOWLEDGE OF NURSES

SKRIPSI ini di Lengkapi dengan Materi sebagai berikut :
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V
LAMPIRAN

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Judul