Kamis, 25 April 2013

Memilih metodologi skripsi yang sesuai adalah kuncinya



Metodologi penelitian seperti pisau. Jika digunakan untuk mengiris bahan yang benar maka pisau itu akan berguna. Tetapi jika memilih pisau yang tidak sesuai dengan bahan yang diiris, maka kesulitanlah yang terjadi.
Hal yang sama juga terjadi dengan skripsi yang dihadapi oleh para klien kami. Seringkali kesalahan yang dilakukan adalah memilih metodologi yang kurang sesuai dengan penelitian yang diambil. Atau jika tidak memilih metodologi yang sulit agar terlihat menghasilkan skripsi yang luar biasa.
Padahal pendekatan tersebut seringkali keliru. Skripsi yang luar biasa sangat tergantung dengan analisa dan validitas data penelitian. Analisa yang menarik dan komprehensif didukung pengambilan data yang valid membuat sebuah penelitian sederhana menjadi temuan luar biasa.
Salah satu contoh sederhana, penelitian komunikasi mengambil metodologi semiotik visual dalam serial kartun Mr. Bean menghasilkan sebuah temuan luar biasa mengenai kultur soliter masyarakat inggris. Penelitian tersebut juga menghasilkan sebuah konstruksi teoritik penyikapan kultur inggris terhadap globalisasi yang terjadi. Sebuah riset sederhana menghasilkan sebuah temuan strategi resistensi kultural masyarakat inggris yang memungkinkan mereka terus eksis dalam budaya populer.
 

Readmore

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Judul